Video creator sering kali menjumpai berbagai isu terkait hak cipta lagu
pada video yang diupload ke YouTube. Umumnya, isu tersebut mengkhawatirkan para
video creators karena membuat kontennya tidak dapat di-monetisasi. Berikut
rangkuman berbagai pertanyaan dan penjelasan seputar hak cipta di YouTube.
Apa itu klaim hak cipta YouTube?
Klaim hak cipta di YouTube merupakan cara untuk menegaskan dan menjalankan
aturan hukum terhadap pelanggaran hak cipta, bertujuan untuk melindungi pemilik
hak cipta dari penyalahgunaan konten, baik berupa foto, audio, maupun video.
Setiap pemilik hak cipta di YouTube dapat melakukan permintaan penghapusan
terhadap video yang dianggap melanggar melalui Content Id, sistem identifikasi
otomatis untuk mendeteksi dan mengelola hak cipta. Content Id bekerja
berdasarkan kesamaan konten dengan cara scanning, apabila terdapat kecocokan
maka akan terklaim Content Id.
Apa yang dimaksud copyright lagu?
Lagu-lagu yang dirilis digital dan diaktifkan Content Id-nya akan mengandung
copyright, hal ini bertujuan untuk melindungi hak pemilik lagu. Dengan cara ini,
setiap video yang diupload ke YouTube dan mengandung lagu ber-copyright akan
otomatis terklaim. Copyright claim berbeda dengan permintaan penghapusan, karena
bukan merupakan bentuk teguran pelanggaran hak cipta.
Apa yang terjadi jika video terkena Copyright?
Copyright claim adalah pertanda baik, merupakan bentuk kebekerjaan Content Id
dalam mendeteksi dan menemukan kecocokan referensi master rekaman dalam videos.
Pada video terklaim copyright, ada tiga opsi yang dapat dipilih sebagai langkah
tindakan:
-
Memblokir, bertujuan agar video tidak dapat diputar dan ditonton.
-
Memonetisasi, bertujuan untuk menempatkan iklan pada videos terklaim
dan dikoleksikan penghasilannya untuk pemilik hak cipta. Sejauh ini menjadi
tindakan yang paling banyak direkomendasikan dan diambil oleh YouTube dan
pemilik hak cipta karena selain melindungi juga dapat
menghasilkan revenue
lewat iklan.
-
Melacak, untuk memantau data statistik penayangan pada videos
terklaim.
Kenapa ada iklan di YouTube yang belum dimonetisasi?
Semua videos yang terklaim copyright dapat dimonetisasi dengan menempatkan
iklan, termasuk pada channel yang belum monetise atau bukan merupakan
YouTube Partner Program.
Kenapa saat upload video di YouTube ada tulisan hak cipta?
Pada saat uploading, YouTube menerapkan scanning otomatis lewat
audio-fingerprint untuk memastikan video tidak mengandung materi ber-copyright
milik orang lain. Jika terdapat kecocokan referensi maka akan muncul sebagai
konten ber-copyright.
Cara Melihat Siapa yang mengklaim hak cipta di YouTube?
Klaim hak cipta dapat dilihat melalui YouTube studio, pada halaman konten di
bagian bawah keterangan judul. Dengan mengarahkan cursor ke bagian copyright
terdapat informasi tetang siapa pemilik copyright, serta tindakan apa yang
akan diambil. Selain itu, klaim hak cipta juga dapat dilihat publik lewat
embed yang muncul pada bagian bawah kolom deskripsi video.